Minggu, 21 Desember 2014

Peluang Usaha Hasil Olahan Ikan Lele


 
Ikan lele mungkin sudah tidak asing terdengar ditelinga kita. Melimpahnya hasil panen ikan lele membuat kita berfikir bagaimana mengolah ikan lele ini menjadi suatu komoditas yang digemari masyarakat dan mempunyai nilai tambah lebih terhadap ikan lele. Peluang bisnis olahan ikan lele cukup menarik dan memiliki pangsa pasar yang cukup tinggi, mengingat masyarakat sekarang mempunyai kesadaran terhadap kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Dalam ikan lele terdapat kandungan asam lemak Omega 3 dan Omega 6 yang baik untuk kesehatan Otak dan Jantung.
Ikan lele dapat diolah menjadi berbagai macam bentuk olahan yang dapat meningkatkan nilai ekonomis dari ikan lele tersebut. Berikut adalah beberapa hasil olahan ikan lele yang bisa dijadikan referensi jika kita ingin memulai usaha bisnis hasil olahan dari ikan lele : 
1.      Krupuk Ikan Lele


Krupuk ikan lele adalah salah satu hasil olahan ikan lele yang banyak digemari masayarakat. Rasanya yang enak,gurih, juga mengandung nilai gizi yang tinggi. Selain itu hasil olahan ikan lele yang satu ini juga tahan lama sehingga mudah disimpan dan mudah untuk dinikmati kapan saja.

  
 
2.      Abon Ikan Lele

Abon ikan lele adalah satu hasil olahan dari ikan lele. Abon ikan lele tidak perlu diragukan lagi kelezatanya, karena rasanya tidak kalah dengan abon lain yang terbuat dari bahan dasar sapi ataupun ayam. Didalam abon ikan lele terkandung kadar kolesterol yang rendah dan kadar protein yang tinggi baik dikonsumsi untuk anak-anak karena duri ikan sudah dibuang. Kandungan Leusin pada abon ikan lele bermanfaat untuk membentuk protein otot sehingga baik untuk ibu hamil dan anak-anak. 

3.      Nugget lele


Nugget ikan lele adalah bentuk olahan ikan lele yang sedang dikembangkan. Respon masyarakat sekarang sangat bagus mengingat produk olahan nugget ini sangat paktis untuk sebuah produk. Nugget ikan lele dapat disimpan dalam bentuk beku. Nugget ikan lele dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak. Meskipun rasa nugget ikan lele agak sedikit unik, namun tetap lezat untuk dikonsumsi.

 4.      Mangut ikan Lele
 

Salah satu olahan ikan lele yang sangat digemari masyarakat indonesia adalah mangut ikan lele. Rasanya yang pedas dan gurih sangat menggugah selera makan kita. Mangut ikan lele sekarang sudah dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat, karena telah diproduksi secara massal dalam bentuk kaleng dan sudah beredar disupermarket dan bahkan menembus pasar ekspor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar